Pages

29 August 2013

Biarkan berlalu..

Sering saya merasa bahwa orang yang melukai saya tidak perlu dimaafkan, enak aja udah salah koq diberi hadiah MAAF, dan parahnya lagi saya akan merasa “mustinya dia dong yang minta
maaf” hehehe, tapi benarkah itu hadiah untuk dia, bukan hadiah untuk diri saya sendiri yah, bukankah memaafkan menunjukan seberapa besar saya mampu menerima takdir ALLAH atas kejadian yang gak enak kan yah? karena tak ada satu kejadianpun tanpa seizin ALLAH, mau itu bahagia atau luka, semua karena kasih sayang ALLAH…
Iya maaf adalah hadiah buat diri kita sendiri. Hadiah, untuk sebuah kebebasan. Kebebasan dari rasa tertekan, rasa dendam, rasa amarah, rasa sesak didada, rasa diburu oleh hantu dan kedegilan hati. “Memaafkan memang berat, tapi sebetulnya sederhana” maaf dan lupakan, biarkan waktu yang menyembuhkan dan ALLAH yang membalas perbuatannya, sederhana kan yah?
:) Setahun yang lalu seorang sahabat cantik saya mengalami musibah yang dahsyat, perempuan ini menjadi korban perkosaan teman dekatnya yang dia percayai mampu menjaganya, bukankah teman harusnya menjaga bukan merusak, tapi “sudahlah, musibah sudah terjadi”, buat saya yang bisanya hanya jadi penghibur mungkin bisa berkata begitu tapi tidak bagi sahabat cantik saya, TRAUMA itu melekat hebat dalam jiwanya … lama saya coba mengerti walau mungkin saya tidak akan pernah mengerti seberapa dalam luka itu.
Iya luka dan trauma adalah luka dimasa lalu yang masih tersisa, iya masa lalu, masa yang tak akan pernah kembali, perempuan sahabat saya ini kini hidup dengan luka masa lalu, dan belum juga memahami bahwa setiap manusia pasti pernah terluka tapi haruskah dia menghabiskan sisa umurnya untuk luka? “Lo gak ngerti sih De, betapa dalamnya luka gue” ini terikannya setiap kali saya memintanya melangkah, maafkan dan lupakan tapi baiklah, saya memang kurang pengertian seperti katanya, tapi mau sampai kapan yah dia habiskan waktunya untuk marah, ALLAH pasti gak mau deket2 sama orang yang pemarah :)
Tapi katakanlah ini luka yang paling dalam didunia dinodai dan dihempaskan, pertanyaan selanjutnya adalah mau berapa lama berada dititik luka ini, sementara sang pembuat luka sudah hidup bahagia , belum tentu bahagia sih, kan setiap perbuatan ada balasannya, iya betul, mengapa kita tidak memasrahkan setiap kejadian sebagai bagian dari takdir ALLAH, kemudian lanjutkan hidup. Kan gitu yah? :) yang berbuat aja bisa melangkah mengapa sahabat saya jalan ditempat, meraung meratapi nasib yang tak akan berubah, sudah terjadi gitu loh, mau diapain lagi… ikhlas gak ikhlas sudah terjadi jadi mending ikhlas
Saya jadi ingat ucapan guru mengaji saya tentang kata maaf, iya MAAFKAN, luka yang dialami sahabat saya adalah karena dia tidak mampu memaafkan, memendam luka,  lalu kenapa orang lain mampu mengobati luka dan sahabat saya  tidak, itu karena dia TIDAK mampu memaafkan, kenapa dia tidak mampu memaafkan? karena dia telah menempatkan dirinya sebagai TUHAN yang berhak mengatakan bahwa dia benar dan orang itu salah, padahal itu hak ALLAH, dan sahabat saya sok’sok an mengambil hak ALLAH, menghakimi orang lain, menyalahkan orang lain… ehm emang nya kita siapa yah? berani mengambil hak ALLAH.
Jadi Maafkan dan lanjutkan hidup, jangan hidup dengan masa lalu, rugi lah …
Ingat loh memaafkan yang saya maksud disini adalah tidak menyimpan dendam atas kesalahan siapapun yang menyakiti saya bukan jongkok jongkok minta maaf atau kirim sms minta maaf padahal saya gak salah, NO WAY bukan ini,  bedakan antara memaafkan dengan melemparkan harga diri, maaf yang saya maksud adalah tidak membalas perbuatannya karena membalas adalah hak ALLAH, dan ALLAH tidak pernah ingkar janji ketika DIA mengatakan bahwa setiap perbuatan akan terbalas, sekecil apapun jadi gak perlu repot repot balas, kalau ALLAH yang balas pasti pas balasannya, kalau saya yang balas? yang ada saya tambah luka … maaf yang saya maksud adalah menghempaskan sang pemberi luka, dia tidak penting lagi dalam hidup saya kan udah melukai, jadi untuk apa dong di kenang jua, rugi deh !!
Mari memaafkan dan melanjutkan hidup, yang usai biar berlalu, sudah waktunya melangkah, jangan mau hidup dengan masa lalu, ingat loh dimana ada kemauan disitu ada jalan, when there is a will there is a way, ada obsesi ada jalan kalau kata iklan…
Yuk … melangkah jangan lama lama bersahabat dengan luka, dan sudahlah jangan pernah merasa kita jadi orang yang paling menderita karena selalu ada luka diatas luka, rugi loh mikirin orang yang gak mikirin kita !! :P

0 komentar:

Post a Comment