Pages

19 May 2015

Sedekah yang Menunda Kematian


Hasil gambar untuk sedekahPernah suatu ketika Nabi Muhammad melihat ajal yang akan segera datang pada seorang pria Yahudi. Lalu Nabi berkata pada para sahabat tentang apa yang disaksikannya, dan menjelaskan pada para sahabat bahwa orang Yahudi itu akan meninggal pada siang hari nanti.


Lalu, suatu sore Nabi Muhammad SAW terkejut ketika melihat seorang laki-laki Yahudi berjalan sambil memanggul kayu dalam kondisi segar bugar. Nabi SAW kemudian memanggilnya dan bertanya tentang kebaikan apa yang telah ia perbuat?

Orang Yahudi tersebut menerangkan bahwa pagi itu ia berangkat mencari kayu sambil membawa roti. Roti itu kemudian ia bagi menjadi dua. Sepotong ia makan dan potongan lainnya ia berikan pada orang lain.

Nabi Muhammad Shalallahu alaihiwasalam kemudian mengatakan bahwa seharusnya lelaki itu meninggal siang tadi. Nabi saw pun memintanya untuk membelah kayu yang dipanggulnya. Dalam kayu tersebut ternyata terdapat seekor ular yang mulutnya tersumbat potongan kayu sehingga ia tidak dapat keluar dan mematuk lelaki itu. Bukan main terkejut pria Yahudi itu, karena Nabi Muhammad melihat apa yang tidak terlihat orang lain.

"Sesungguhnya sedekah itu dapat menghilangkan murka Allah dan dapat mencegah dari kematian yang buruk.“ (HR.At-Tirmidzi).

Subhanallah... Kedermawanan orang Yahudi tersebut yang telah bersedekah inilah yang merupakan “penghalang” kematiannya. Kisah ini dapat ditemukan dalam Shahih Bukhari.

0 komentar:

Post a Comment